Minggu, 12 Mei 2013

SEJARAH KERAJAAN IHA

Kerajaan iha adalah kerajaan yang terletak di sebelah utara pulau saparua, merupakan daerah yang membujur panjang terdiri dari daratan dengan hutan yang subur seppanjang pesisir pantai. kerajaan ini sejak dahulu kala dikenal sebagai kerajaan pandai besi,artinya kerajaan ini mempunyai keahlian khusus dalam membuat benda-benda tajam seperti :kapak,tombak,golok,pisau dan alat senjata lainnya yag dibuat dari besi.juga terkenal sebagai kerajaan yang rakyatnya hampir sebagian besar pandai membuat emas(pandai emas).karena kemahirannya dalam membuat benda-benda tajam sehingga dalam perang melawan VOC,mereka sendiri yang membuat alat-alat perang seperti, tombak,panah,perisai,parang dll.

Sebelum datangnya Portugis dan Belanda petuanan kerajaan Iha meliputi daerah yang luas diantara negeri kulur sampai dengan perbatasan negri Ullath .kerajaan Iha memiliki tujuh buah negri yang letaknya saling berjauahn antara antara satu dengan yang lainnya tetapi mempunyai satu pusat kerajaan yang terletak persis di tengah-tengah jazirah utara pulau saparua (jazirah hatawano) tepat pada sebuah bukit karang diatas puncak gunung AMAIHA-ULUPALU. 

Kurang lebih 90 tahun sebelum masuknya agama katolik di pulau Saparua yang dibawa oleh padri Mascarenhas penduduk kerajaan Iha telah memeluk agama islam dalam tahun 1480.Agama ini disiarkan oleh seorang mubaligh Aceh yang bernama Tengku umar. setalah raja iha masuk islam,dibangunnya sebuah mesjid megah yang arsitekturnya sama dengan masjid baiturahman di aceh sebagai penghormatan bagi Tengku umar karena jasa-jasanya.Menurut namulalita ,kegiatan penginjilan yang dipelopori oleh padri mascarenhas baru dimulai di kepualauan leasepada tahun 1570,itu artinya 90 tahun setelah pendduduk iha memeluk agama islam.
PETA KUNO PULAU SAPARUA


Dalam buku tembaga Kerajaan Iha dikatakan bahwa masyarakat Iha berasal dari Nunusaku(pulau seram) , kemudian berpindah ke pulau saparua. pemindahan orang-orang iha ke pulau saparua ini smpai sekarang masih masih merupakan sumber cerita rakyat turun temurun .menurut Rumphius, raja iha keluar dari sebatang pohon kelapa raja yang berbuah kelapa emas yang sangat lebat terdapat di Ai latu(kupalatu) suatu tempat yang terdapat di dataran rendah dibawah lereng gunung Amaiha.itulah sebabnya lambang kelapa emas merupakan lambang Kerjaan ama iha dan sampai sekarang masih disimpan di rumah raja Iha, di Seram barat.

Raja iha pertama bernama Latu Sapacua yang artinya raja yang sangat dijunjung tinggi. latu mempunyai 8 orag putra. Putra pertama bernama latusali dan dia inilah yang memerintah sebagai raja pengganti ayahnya. Putra kedua bertama latuwaji dan putra ketiga bernama latupikaulan.Turun temurun latusali sekarang masih ada dan memerintah negri iha diseram bagian barat dengan memakai marga Latukaisupy.keturunaan Latuwaji sekarang memerintah negri ihamahu di pulau saparua. sedangkan keturunan putra ketiga Latupikaulan menikah dengan keluarga Amahoru dan sekarang memerinta negri Iha di saparua(sebagai keturunan raja yang memerintah atas putri raja latu pikaulan.namun semenjak tragedi 1999 negri iha diasparua telah berpindah dan membangun negrinya di pulau seram (Maluku tengah) yang letaknya bertetangga dengan negri sepa.

PETA PULAU SAPARUA

Putra raja yang keempat sampai dengan ke delapan mempunyai keturunan-keturunan yang walaupun tidak memerintahtetapi mereka masuk dalam keturunan raja iha dan selalu bergabung dalam suatu soa yang disebut soa raja,dan mereka ini mash ada sampai sekarang serta berdiam di negri iha (pulau seram)di negri ihamahu(pulau saparua) maupun negri iha di pulau saparua yang sudah berpindah ke seram (maluku tengah) semenjak tragedi 1999. mereka ini merupakan satu persekutuan adat dan saling membantu dalam setiap acara adat.karena pada awalnya mereka merupakan saudara namun harus berpisah karena hancurnya kerajaan Iha akibat ulah Portugis dan belanda.

Sebelum datangnya Portugis kerajaan Iha memiliki 7 buah negri yaitu: 
1.kulur sekarang tetap kulur 
2.Pia sekarang tetap pia(ditempati orang dari sirisori amalatu)
3.Iha sekarang bernama itawaka(ditempati otang dari ullath)
4.Palasula sekarang benama noloth(ditempati orang dari Seram) 
5.Mahu sekarang tetap bernama mahu(ditempati orang dari paperu) 
6.Matalete sekarag bernama Tuhaha(ditempati otang dari ullath)
7.Malige hukum sekarang bernama Iha(ditempati orang Iha asli yang tetap islam) 
.hatala sekarang bernama Ihamahu (orang iha asli yang telah dibaptis)

sumber : Dra.Ha.Maryam R.L Lestaluhu  (Sejarah Perlawanan Masyarakat Islam terhadap Imprialisme di daerah Maluku)

4 komentar:

  1. Mari Berwisata ke Ambon, kami siap menemani perjalanan anda dengan harga terjangkau dan dengan paket-paket menarik.
    Paket Wisata Harian Mulai Rp.450rb / 12 Jam (Sudah Termasuk BBM, Supir dan Free Pick up Service Bandara)

    Hubungi Kami :
    MEDIA RENTAL CAR
    Jl. Rijali No. 57 Ambon
    www.keliling-ambon.id
    Telp / SMS / WA 081247134134 (24jam)

    BalasHapus
  2. terima kasih infonya, kalau ada informasi mengenai Negeri Iha pasca Konflik 1999 setelah mereka keluar dari negeri asalnya boleh dishare untuk kebutuhan referensi, Terima kasih

    BalasHapus
  3. Terima kasih infonya,saya orang ihamahu asli tapi tidak tau sejarah kerajaan iha secara lengkap 🙏🙏

    BalasHapus

ROBOHNYA TIANG ALIF MASJID ULIHALAWANG NEGRI HILA

Warga masyarakat di Desa Hila, Kabupaten Maluku Tengah dikejutkan dengan robohnya Tiang Alif  Masjid Hasan Sulaiman atau yang dike...